Halloween party ideas 2015

Ki Entus sedang membuat kerajinan

Dari sejak zaman dahulu kala, Kerajinan kayu merupakan salah satu bentuk seni dan keterampilan yang telah ada. Kerajinan kayu dapat dijumpai dalam berbagai bentuk, mulai dari dekorasi rumah, mainan, aksesori, souvenir, hingga perabotan rumah. Banyak berbagai bahan kayu dipilih karena memiliki berbagai kelebihan, seperti kekuatan, ketahanan, dan keindahan. 

Dalam Sejarah Kerajinan Kayu, Kerajinan kayu telah ada sejak zaman dahulu. Di zaman prasejarah, kayu digunakan untuk membuat alat-alat dan senjata. Sementara pada zaman kuno, kayu digunakan untuk membuat perabotan rumah tangga, kapal, dan bangunan. Di Indonesia, kerajinan kayu memiliki tradisi yang panjang. Kerajinan kayu di Indonesia sudah ada sejak zaman Majapahit. Keterampilan pengrajin kayu di Indonesia sangat terkenal dan diakui di seluruh dunia. Produk kerajinan kayu dari Indonesia memiliki nilai seni yang tinggi, baik dalam hal bentuk, detail, dan kualitas. 

Ditangan Pengrajin kayu, sesuatu akan bernilai eksotis, seperti halnya pengrajin kayu yang satu ini, Kuswara atau yang lebih dikenal Ki Entus dari Kampung Saradan Desa Sukamulya Pagaden. Berawal dari membuat Wayang Golek, baik wayang Golek untuk Panggungan ataupun untuk mainan anak. kegiatan sebagai pengrajin kayu sudah lama ia tekuni. 
Bersama Ketua Relawan Teknologi, Informasi dan Komunikasi Subang

Kuswara atau yang biasa disebut Ki entus telah banyak menghasilkan kerajinan- kerajinan kayu, diantaranya wayang golek, sisingaan untuk pagelaran maupun miniatur sisingaan berupa plakat, souvenir, peralatan rumah tangga dan yang lainnya. 

"Alhamdulillah saya insya allah siap membuat berbagai kerajinan sesuai dengan pesanan dan apa yang di inginkan konsumen" menurutnya, "untuk harga sendiri saya tidak mematok harga yang tinggi,asalkan sesuai dengan hahan, ukuran dan tingkat kerumitan yang dibuat dan alhamdulillah hasil kerajinann sudah ada yang pesan dari luar pulau jawa" lanjut Ki Entus. 

ditengah derasnya teknologi, Ki Entus masih menggunakan alat-alat manual dalam membuat kerajinan seperti golok, Gergaji dan pisau raut. "seni memahat jayu adalah jiwa saya dan insya allah akan tetap bertahan dalam diri saya walaupun masih menggunakan alat seadanya" ujar ki entus menutup obrolan dengan kru kabar.subangkab.com. 


Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.